简体中文 | 繁體中文 | English

HENKEL

Henkel Buka Pabrik Perekat Terbesar Dunia di China

Pabrik baru di Shanghai akan memenuhi kebutuhan konsumen di pasar negara-negara berkembang di Asia

2013-09-28 17:03
  • zh_cn
  • zh_hant
  • en

SHANGHAI, CHINA --(BUSINESS WIRE)--Henkel meresmikan pabrik perekat terbesar dunia di Shanghai pada 18 September 2013. Dengan fasilitas produksi terkini, perusahaan asal Jerman ini menambah kapasitas produksinya dan meningkatkan produksi teknologi perekat yang inovatif dan lebih cepat untuk para konsumennya yang kian berkembang di China dan kawasan Asia-Pasifik pada umumnya.

Pabrik baru yang dijuluki sebagai ‘Dragon Plant’ melingkupi area sebesar 150,000 meter persegi dan menjadi pusat produksi perekat untuk industri di China dan kawasan Asia-Pasifik. Pabrik tersebut akan memenuhi kebutuhan konsumen di industri otomotif dan dari berbagai bidang industri lainnya. ‘Dragon Plant’ diprediksi mampu memproduksi hingga 428,000 ton dalam setahun.

“Pabrik ini akan berkontribusi secara signifikan pada pencapaian strategi kami di tahun 2016: mampu memperluas dan meningkatkan pencapaian global pada bisnis perekat serta menguasai pasar di negara-negara berkembang,” ungkap Kasper Rorsted, Ketua Dewan Manajemen Henkel Group. Peresmian pabrik baru tersebut dihadiri oleh sejumlah politikus dan pebisnis China serta Dr. Simone Bagel-Trah, Ketua Dewan Pengawas dan Komite Pemegang Saham. Komitmen Henkel terhadap pasar negara berkembang dibuktikan dengan pencapaian Henkel sebesar  45 persen total penjualan dan 55 persen pegawainya berasal dari negara-negara tersebut. Salah satu target finansial Henkel di tahun 2016 adalah meningkatkan penjualan dari negara berkembang sebesar 10 miliar euro dari 20 miliar euro total penjualan secara global

“Peresmian ‘Dragon Plant’ merupakan pencapaian berarti bagi kami dan juga konsumen kami,” ujar Jan-Dirk Auris, Executive Vice President Adhesive Technologies di Henkel. “Adanya fasilitas produksi yang lebih besar akan membawa kami lebih dekat dengan konsumen kami di kawasan ini, tidak hanya secara geografis namun juga dengan mengukuhkan komitmen kami dalam kerja sama untuk inovasi dan kesuksesan bersama.

Henkel akan memusatkan produksinya di daerah Shanghai Chemical Industry Park dan juga secara signifikan menambah kapasitas teknologinya untuk saat ini dan di masa depan. Langkah ini merupakan bagian dari program terkini dari Henkel untuk berkonsolidasi dan memaksimalkan jaringan produksinya di tingkat global.

Peningkatan Permintaan Perekat di Kawasan Asia-Pasifik

Henkel telah menginvestasikan lebih dari 50 miliar euro untuk pembangunan ’Dragon Plant dan akan menyerap 600 tenaga kerja. Dengan adanya pabrik ini, Henkel – produsen perekat terbesar di dunia – merespon adanya peningkatan permintaan terhadap teknologi perekat industri di China dan seluruh kawasan Asia-Pasifik.

China dewasa ini telah berkembang menjadi produsen kendaraan bermotor terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan semakin pesatnya produksi di tingkat domestik. China juga menjadi salah satu produsen peralatan olahraga dan alat-alat elektronik. Perekat menjadi semakin banyak digunakan pada industri tersebut dan bidang industri lainnya karena mampu merekatkan produk tanpa menambah beban berlebih dan meningkatkan performa produk serta di saat yang bersamaan menciptakan proses produksi yang berkesinambungan.

Proses Produksi yang Berkesinambungan

’Dragon Plant’ merupakan model dari proses produksi yang berkesinambungan dan efisien. “Dragon Plant” hanya menggunakan setengah dari jumlah air yang biasa digunakan oleh pabrik produksi tradisional berkat proses daur ulang air dengan sistem kondensasi. Pada saat yang bersamaan, pabrik tersebut juga mengurangi volume kemasan hingga 60 persen. Selain itu, penghematan penggunaan listrik di pabrik tersebut mencapai 90 persen berkat atap yang tembus cahaya sehingga cahaya dapat masuk pada siang hari. Pabrik tersebut juga dilengkapi dengan sistem daur ulang panas dan peralatan inovatif yang mampu mencegah kebocoran dan tumpahan dari cairan hasil produksi perekat.                                                                       

 

Sebagai pemasok untuk berbagai jenis industri, Henkel telah membangun fasilitas produksi pertama di China sejak 1990, hanya dua tahun sejak perusahaan ini memasuki pasar negara tersebut. Dengan adanya parbrik pertama Henkel di China, perusahaan ini telah memasok berbagai bidang industri sejak fase pertama proses produksi para konsumennya. Sejak saat itu, Henkel telah memproduksi perekat di negara-negara kawasan Asia dengan penjualan yang selalu meningkat.

 

Tentang Henkel

Henkel beroperasi secara global dengan berbagai merek dan teknologi di tiga area bisnis: Laundry & Home Care, Beauty Care dan Adhesive Technologies. Didirikan pada tahun 1876, Henkel menguasai pasar baik di tingkat bisnis retail maupun industri dengan berbagai merek yang terkenal seperti Persil, Schwarzkopf and Loctite®. Henkel memiliki 47,000 pegawai dan pada tahun 2012 telah mencapai penjualan sebesar 16,519 juta euro dan profit sebesar 2,335 juta euro. Saham Henkel terdaftar pada bursa efek Jerman, DAX.

 

Materi foto tersedia di www.henkel.com/press

Informasi lebih lanjut dapat diakses pada www.henkel.com/press/dossier-dragon-plant.htm

 

 

Henkel Asia-Pacific Adhesive Technologies Marketing Communication

 

Kontak

Henkel

Vickie Xin, +86-21-2891-5931

vickie.xin@cn.henkel.com